Banyak orang mengklaim uang tidak mampu membeli perasaan cinta. Namun, dengan 945 ribu poundsterling (Rp13,2 miliar), Anda bisa membeli ‘sahabat’ termahal di dunia.

Anjing sering dianggap sebagai sahabat setia manusia. Seeko anjing Mastiff Tibet merah menjadi anjing termahal di dunia setelah dijual dengan 945 ribu poundsterling. Anjing bernama Big Splash ini dibeli pengusaha batubara jutawan dari utara China yang tidak disebutkan namanya.

Beruntung, sang pemilik baru tidak keberatan mengeluarkan biaya besar untuk pola makan Big Spalsh yang memiliki berat 286 pound (setara dengan pemain rugby), di antaranya ayam, daging sapi, mentimun laut, dan abalone.

“Kami sudah menghabiskan banyak uang untuk membesarkan anjing ini. Kami juga harus membayar gaji beberapa staf,” ujar pemilik sebelumnya, Lu Liang.

Big Splash merupakan spesies sempurna untuk dikembangbiakkan lagi karena berusia matang, 11 bulan.

Harga tinggi memang pantas bagi anjing tersebut mengingat Mastiff Tibet dianggap sebagai simbol kesejahteraan di China. Sama seperti perhiasan dan mobil mewah bagi kebanyakan masyarakat kelas atas. Anjing itu dianggap mulia dan mampu memberkati pemiliknya dengan kesehatan dan keamanan yang sempurna.

Anjing Tibet dipercaya memiliki jiwa biarawan dan biarawati yang tidak cukup mampu bereinkarnasi sebagai manusia atau kembali ke Shambhala, alam surgawi.

Anjing tersebut juga sangat cerdas dan sensitif terhadap bahaya, sehingga biasanya digunakan untuk menjaga ternak dan anak-anak.
__________________