idol1274925779

Lee DeWyze secara mengejutkan terpilih sebagai juara “American Idol” 2010, setelah mengalahkan Crystal Bowersox yang menjadi favorit para juri, Rabu malam (26/5).

DeWyze berasal dari Chicago. Selain memenangi gelar juara, mantan penjual cat itu berhak atas kontrak rekaman album.

Semua juri lebih memfavoritkan Bowersox sebagai juara, setelah penampilannya pada hari Selasa mengungguli DeWyze yang gugup.

Tetapi, publik Amerika berkata lain, mereka lebih memilih DeWyze. Penentuan pemenang berada di tangan publik yang memilih pemenang melalui saluran telepon dan layanan pesan singkat (short message service).

“Saya belum pernah sebahagia ini dalam hidup saya,” kata DeWyze, seperti dikutip Reuters.

Pada awalnya pria berusia 24 tahun itu pemalu, di babak selanjutnya dia berubah dan tampil sebagai penantang serius Bowersox setelah menyanyikan lagu klasik Leonard Cohen berjudul “Hallelujah” dengan meriah minggu lalu.

Single berjudul “Beautiful Day” yang merupakan daur ulang lagu U2 diharapkan akan keluar dalam minggu ini. Album perdananya dibawah label Sony Music Entertainment akan menyusul pada musim gugur.

Acara malam itu juga dimeriahkan oleh penampilan Barry dan Robin Gibb dari Bee Gees dan Alanis Morisete dan pentolan band rock Poison Bret Michaels.