MENGENAL KAIL GARONG

Mancing baronang dengan teknik garong telah berhasil membuat beberapa pemancing yang biasa mancing dengan teknik lain berpindah agama menjadi penganut mancing baroang dengan tegek dan kail garong yang fanatik. Untuk mengenal lebih jauh mengenai teknik ini ada baiknya kita mengetahui mengenai jenis-jenis kail garong serta plus minusnya. Berikut ini tulisan Mr Ichang, salah satu suhu mancing garong yang juga pengurus RAFAC. 

Jenis Pancing atau Kail Garong Berikut Kelebihan & Kekurangannya :
1. Model Lurus/Biasa (Tipe : O’Shaughnessy, Sode, Maru-Sode dll)
Kelebihan:
  • Lebih mudah hook up karena mata pancing langsung mengarah keatas
Kekurangan:
  • Lebih mudah lepas (mocel) saat fight/ikan diangkat karena mata pancing tidak “mengunci” didalam daging
2. Model Lengkung/Kuku Macan (Tipe : Iseama, Chinu, Beak, Limerick dll)
Kelebihan:
     

  • Lebih sulit lepas (mocel) saat fight/ikan diangkat karena mata pancing “mengunci” didalam daging (seperti model mata pancing “circle hook” yang digunakan untuk memancing ikan pelagis dengan teknik ngoncer dll)
Kekurangan
  • Lebih sulit hook up karena mata pancing mengarah kedalam
3. Model Nekuk/Tekuk Dalam (Tipe : Maru Seigo, dll)
Kelebihan:
  • Diantara model lurus/biasa dan lengkung/kuku macan
  • Lebih mudah hook up dibanding model lengkung/kuku macan
Kekurangan:
  • Lebih sulit mocel dibanding model lurus/biasa
Jenis Material/Bahan Pembuat Pancing Garong :
1. Bahan Nickel/Biasa (putih/abu-abu)
Kelebihan:
  • Paling mudah disolder, hampir tidak perlu menggunakan pasta solder/cairan pelarut
Kekurangan
  • Mudah berkarat
  • Kurang kuat, pancing bisa bengkang/lurus jika di”hajar” ikan baronang besar
2. Bahan Carbon (putih/hitam)
Kelebihan:
     

  • Kuat, jika tidak dapat menahan kekuatan ikan cenderung langsung patah tidak bengkang
  • Tidak mudah berkarat
Kekurangan:
  • Agak sulit disolder, biasanya harus diolesi pasta solder/cairan pelarut agar lapisan carbon-nya cepat lepas & bisa disolder dengan baik
3. Bahan Baja/Stainless Steel
Kelebihan:
     

  • Bahan paling kuat, jarang patah/bengkang jika di”hajar” ikan baronang besar
  • Tidak mudah berkarat
Kekurangan:
  • Paling sulit disolder, harus menggunakan pasta solder/cairan pelarut serta panas solder yang baik & merata agar timah solder dapat menempel dengan sempurna di semua titik/sudut yang ada
4. Bahan Lain (Black Nickel/BN, Emas/Gold, Merah dll)
Kelebihan:
  • Jika ukuran bahan/material tebal, kelebihan hanya pada kekuatan ketebalan bahannya
Kekurangan:
  • Cukup sulit disolder, harus menggunakan pasta solder/cairan pelarut agar timah solder dapat menempel dengan sempurna
  • Cenderung lebih mudah berkarat
  • Warna mencolok cenderung menakuti ikan
Cherity PopperSehubungan dengan bencana alam yang menimpa Indonesia berturut-turut mulai dari Banjir Bandang yang memakan korban hingga ratusan jiwa di Wasior Papua, kemudian Tsunami yang memakan korban tidak kalah banyaknya di Pulau Mentawai Sumatra Barat, hingga meletusnya gunung Merapi yang memakan korban puluhan jiwa serta ribuan jiwa lainnya harus mengungsi dan kehilangan ternak serta harta benda di Daerah Istimewa Yogyakarta dan Magelang. Hal ini menggerakan hati banyak pihak untuk mengadakan aksi solidaritas dan bahu-membahu membantu meringankan penderitaan para korban.
Salah seorang yang terpanggil untuk membantu para korban yaitu Bapak Adhek Amerta dari bali. Nama ini sudah tidak asing lagi bagi para pemancing tanah air maupun mancanegara. Beliau terkenal sebagai pengerajin Lure jenis Popper dan sejenisnya. Beliau mempersembahkan hasil popper hasil karyanya untuk meringankan penderitaan sesama yang terkena bencana di Waisor, Mentawai dan Merapi. Wira Liu, salah seorang rekan kami, dipercaya oleh Bapak Adhek untuk mengkoordinir penjualan Poppernya untuk menggalang dana bagi korban bencana. 

Berikut ini petikan email dari Bapak Wira Liu.

Salam mancing,

Kepada para moderator milis dan Fishy Forum saya mohon ijin untuk memakai sedikit space di Milis dan forum ini.

Teman-teman semua, seperti yang kita ketahui bahwa akhir-akhir ini negara kita kerap dilanda bencana, mulai dari banjir bandang Wasior, Gempa Mentawai dan saat ini sedang hangat dengan bencana gunung Merapi yang sedang meletus, tentunya hal ini membawa duka dan penderitaan kepada suadara-saudara kita para korban bencana ini.

Dan untuk kedua kalinya Bp. Adhek Amerta dari bali berinisiatif untuk menyumbangkan 60 buah poppernya untuk saya jual dan seperti kegiatan terdahulu dana hasil penjualan akan disumbangkan seluruhnya untuk korban bencana ini, semoga bisa sedikit meringan penderitaan saudara-saudara kita yang tertimpa bencana ini.

Semoga teman-teman semua berkenan dengan kegiatan yang kami selengarakan ini, dan mohon dukungan-nya.

Berikut ini adalah terms & conditions penjualan “Popper for Charity 2010”:

1. Harga : RP. 120.000,- perbuah. *)

2. Harga sudah termasuk ongkos kirim (ditanggung oleh pak Adhek).

3. Pemesanan lewat email ke wira-liu@centrin.net.id. Silahkan mencantumkan nomor Popper yang ingin anda pesan di list yang saya sertakan dalam email/posting ini tertera nomor setiap popper.

4. Pemesanan hanya dilayani lewat email ini (wira-liu@centrin.net.id), telpon, SMS, Lisan dll tidak akan dilayani.

5. Pesanan menerapkan sistim FIRST COME FIRST SERVE (menurut urutan email yang masuk ke mailbox).

6.Jumlah pembelian untuk setiap org/kepala adalah maksimal 10 buah popper.

7. Pemesanan dianggap sah apabila sudah melakukan pembayaran harga popper, pembayaran paling lambat 7 hari setelah pemesanan, apabila setelah 7 hari tidak ada pembayaran maka popper yang sudah dipesan akan dijual lagi kepada peminat lain.

8. Setiap pemesan akan dikirimkan konfirmasi dari kami secepatnya tentang ketersedian barang yang dipesan, serta no rekening bank untuk pembayaran .

9. Dilarang untuk memperjualbelikan lagi popper edisi khusus ini.

10. Pengiriman akan diakukan secepat-nya setelah pembayaran popper + ongkos kirim, saat ini barang sudah siap, jadi kemungkinan pengiriman akan dilakukan dalam 1~2 hari (maksimal 7 dalam kondisi libur atau keadaan yang tidak memungkinkan/tidak terduga) setelah ongkos2 di atas lunas.

Di bawah ini adalah daftar Tipe dan stock popper yang tersedia (sekali lagi FIRST COME FIRST SERVE).

Sebelumnya Kami ucapkan banyak terimakasih atas perhatian dan support dari rekan pemancing semuanya.

Salam
Wira

*) sudah termasuk ongkos kirim

Berikut ini adalah popper yang dimaksud:

Popper Adhek 1-7
Popper Adhek 8-14
Popper Adhek 15-22
Popper Adhek 23-29
Popper Adhek 30-38
Popper Adhek 39-45
Popper Adhek 46-53
Popper Adhek 54-60

Alor, Nusa Tenggara Timur merupakan salah satu surga mancing di timur Indonesia untuk target ikan-ikan berukuran jumbo. Salah satu tempat terbaik untuk mengetest piranti pancing kelas berat. Beberapa hari lalu teman kami Wiwied yang merupakan operator Fishing Guide di alor yang bernama Taka Adventure memberikan oleh-oleh kepada kami berupa video Mancing Big Dog Tuna dan Double Hookup Ruby. 

Menurut Wiwied, strike terjadi saat subuh (sekitar 5:30), ketika pemancing lain dikapalnya masih terlelap, tarikannya sangat dahsyat. Tackle yang digunakan:
  • Rod: Maguro Extreme Jigger PE6
  • Reel: Okuma Salina SA80
  • Line:300m PE6 Maguro Azayaka braid
  • Jig: 350gr JM Rocket copy metal jig from Virus Bali
Big Dog Tuna tersebut tidak sempat ditimbang, namun panjangnya sekitar 180 CM. Bisa dibayangkan kira-kira beratnya seperti apa hahahaha. Komentar salah satu rekan mancing senior:

Ga kebayang, kalo gue yg strike gituan, mending kaga dah… secara sarap dulu dah pernah kecentit…

Menurut Wiwied ikan tersebut terpancing pagi hari, siang harinya diberikan kepada nelayan yang lewat dekat kapal mereka, sore harinya Istri Wiwied melihat ikan tersebut sudah berada di pasar kalabahi. Minggu depannya mereka berhasil menaikan seekor Big Dog Tuna dengan ukuran yang sama besar namun tidak sempat difilmkan.

Big Dog Jigging at Alor - East Nusa Tenggara - Indonesia


 

Spot di Alor yang terkenal dengan sebutan Ruby’s Nest, dengan timing yang pas jigging di lokasi ini benar2 spektakuler, berapapun jumlah metaljig yang sampai target selalu strike, rekornya adalah 8 strike sekaligus dengan hasil kusyuuttt…!! (tapi ikan naik semua walaupun braided semua amburadul)
Video berikutnya tentang Doubel Strike in One Jig.

Two fishes in One jig, the REAL double hookup

lomba mancing sidatBagi pencinta mancing, lomba atau turnamen mancing ikan sudah biasa. Namun lomba mancing Sidat (orang jakarta menyebutnya Moa, daerah lain mengenalnya dengan Ikan Pelus, sementara nama latinnya: Anguilla sp) hampir tidak pernah kita dengar. Hal ini dikarenakan belakangan ini sungai-sungai yang merupakan habitat alami sidat sudah rusak akibat pencemaran dan penangkapan ikan tak terkendali dengan jaring, strum dan racun. Tapi jangan salah, ternyata di Yogyakarta ada lomba mancing Sidat. Berikut petikan email dari seorang teman: 

Beberapa hari yg lalu saya pulang ke Yogyakarta, sebuah kota yang bagi saya masih tetap istimewa…. Yogya, memang identik dengan banyak hal unik dan sangat menarik baik dari sisi sosial, seni maupun budayanya. Hal ini tercermin jelas dari keseharian masyarakatnya.. Banyak hal unik yang sering kita jumpai di kota ini, salah satunya adalah diselenggarakannya (secara rutin beberapa kali dalam setahun) Lomba Memancing Sidat. Dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda ke-82, sebuah kantor DPC salah satu partai menyelenggarakan kegiatan berupa : “Lomba Memancing Sidat”.

Ketentuan lomba sbb:
Biaya pendaftaran: Rp.15.000/peserta
Tempat pendaftaran: 1.Jl.HOS Cokroaminoto 113Yogyakarta
2.Jl.Purwanggan 3 Pakualaman Yogyakarta
Waktu Penilaian Hasil: Hari Minggu tgl.31 oktober 2010, maks jam 10.00
Waktu lomba: Mulai hari sabtu jam 18.00 tgl 30 Oktober 2010
Tempat memancing: Sungai, lokasi bebas

Hadiah Lomba :
-Juara 1 : Rp.2.000.000
-Juara 2 : Rp.1.500.000
-Juara 3 : Rp.1.000.000
-Juara 4 : Rp. 500.000
-harapan 1 – 10 masing masing Rp.100.000.

Ketentuan lain: Sidat Juara 1 – 4 menjadi hak panitia.

Demikian infonya, barangkali ada diantara teman2 milis yang tertarik?
Catatan: Hadiah memang selalu diharapkan, tetapi biasanya pemancing sidat di yogya tidak begitu memprioritaskan nilai hadiahnya melainkan lebih senang dengan ajang kompetisinya.

Bagaimana tertarik mengikuti lomba mancing sidat?
Salam strike…

Kamifc akan mengadakan turnamen mancing light tackle khusus tenggiri yang rencananya diadakan di Kepulauan Seribu pada tanggal 6 November 2010. Turnamen ini terbuka bagi anggota Kamifc (Kamikaze Fishing Club) maupun non anggota. 

Turnamen mancing ini memperebutkan hadiah berupa uang tunai yang jumlahnya menggiurkan serta piala, piagam, voucher, Rod Jigging dan bon belanja. Untuk mengikuti turnamen ini, para pemancing harus memiliki team berjumlah 5 peserta dan biaya per teamnya dikenakan sebesar Rp. 1,500,000,- dimana jika ada anggota team yang menjadi member Kamifc akan mendapat diskon khusus. Biaya pendaftaran ini belum termasuk sewa kapal di PLTU Bahtera Jaya Ancol yang besarnya berkisar Rp. 2,500,000,- hingga Rp. 2,800,000,- per hari termasuk BBM.

Ikan target dalam turnamen mancing ini adalah ikan tenggiri yang harus dipancing dengan mengikuti aturan yang ditetapkan oleh panitia dengan menggunakan light tackle. Sementara untuk ikan jenis billfish, hiu, pari serta ikan-ikan yang dilindungi dilarang untuk dinaikan ke perahu.

Pendaftaran dapat dilakukan melalui Forum Kamifc (http://kamifc.com/showthread.php?t=456), Toko Pancing Sumber Mulia Group (Bursa Pancing Jakarta 021-6918030; Sumber Mulia Fishindo Jakarta 021-6918030; Terminal Pancing Sport Mall Kelapa Gading Jakarta 021-45840850). Sementara pendaftaran untuk turnamen mancing ini sendiri ditutup tanggal 01 November 2010.